MAKALAH "Robotics"

MAKALAH
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
”Robotics”

Disusun oleh :
Angga Kurnia Pratama      16753003
Annisa Suwarto                 16753004
Denny Saputra                   16753014
Hawari Muhtarom             16753023
I Gede Arya Surya Gita    16753024
Karin Fitri Liyana              16753027
Mettania Vica Wijayanti   16753033

MANAJEMEN INFORMATIKA
EKONOMI DAN BISNIS
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
2016
Kata Pengantar

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang robot.  

Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
   
            Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah
ini.
   
    Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang
robotics ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
   
                                                                      
Bandar lampung,  23 November 2016
   
                                                                                           
  Penyusun





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.................................................................... I
KATA PENGANTAR ............................................................. .. II
DAFTAR ISI ........................................................................... . III
BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang .................................................................................... ... 1
2.      Tujuan .................................................................................................. ... 1
BAB II PEMBAHASAN
1.      Pengertian Robotic .............................................................................. ... 2
2.      Sejarah Robot ...................................................................................... ... 3
3.      Cara Kerja Robot ................................................................................. ... 4
4.      Perkembangan Robot dari Tahun ke Tahun ........................................ ... 5
BAB III PENUTUP
Kesimpulan .......................................................................................... ... 7
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... ... 8





BAB I PENDAHULUAN

1.      Latar  Belakang
Di zaman sekarang ini semakin kompleks kebutuhan manusia, serta manusia juga menuntut agar semua aktivitas yang mereka lakukan dapat di lakukan dengan sesingkat dan semudah mungkin, karena itulah para ilmuan dan peneliti mencoba mengembangkan suatu ilmu yang bisa di gunakan untuk menciptakan suatu alat yang bisa meringankan atau bahkan menggantikan pekerjaan manusia dengan mudah. Cabang ilmu robotica merupakan suatu ilmu yang di gunakan untuk meciptakan robot. Robot sendiri adalah suatu mesin atau alat yang digunakan untuk meringankan beban manusia. Di zaman sekarang banyak robot yang sudah membantu pekerjaan di segala aspek kehidupan masusia di antaranya di bidang kesehatan,industry,dan lain-lain.

2.      Tujuan
A.    Pembaca dapat lebih mengetahui tentang ilmu yang mempelajari tentang robot, dan mengetahui tentang robot.
B.     Pembaca dapat mengetahui sejarah dari robot itu sendiri.
C.     Pembaca dapat mengetahui cara kerja dari robot.
D.    Pembaca dapat mengetahui perkembangan robot dari tahun ke tahun.






BAB II PEMBAHASAN

1.      Pengertian Robotic
Robot merupakan hal yang kompleks dan sulit dideskripsikan dengan kata-kata. Robot biasanya diprogram untuk melakukan pekerjaan berulang kali dan memiliki mekanisme yang dipandu oleh kontrol otomatis. Sedangkan robotika pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari tentang robot, sehingga Robotic atau robotika memiliki definisi suatu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot. 
Robotika terkait dengan ilmu pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer. Istilah robotik atau robotika dapat dimaknai sebagai ilmu yang mematerikan kecerdasan/intelegensia terhadap energi, artinya pengendalian secara cerdas  terhadap gerakan yang terkoordinasi secara nyata. Istilah ini diperkenalkan oleh Isaac Asimov untuk pertama kalinya dalam cerita pendeknya yang berjudul “Runaround” yang terbit tahun 1942.
Description: index.jpg
Isaac Asimov






2.      Sejarah Robot
Robot ditemukan pada abad XVIII. Kata robot pertama kali diperkenalkan oleh seorang penulis dari Czech yang bernama wright Karel Capek pada tahun 1921. Dan kata “ROBOT” digunakan di New York pada Oktober 1922 pada sebuah pentas theater yang berjudul “RVR”, Tahun 1956, UNIMATION memulai bisnis tahun 1972 dan mendapat keuntungan yang tinggi dari penjualannya.
Para ilmuwan biologi pada saat itu ingin menciptakan makhluk yang mempunyai karakteristik seperti yang mereka inginkan dan menuruti segala yang mereka perintahkan, dan sampai sekarang makhluk yang mereka ciptakan tidak pernah terwujud menjadi kenyataan.
Tahun 1941, barulah istilah robotics digunakan dalam teknologi robot oleh penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov. Dia juga memprediksi akan munculnya robot-robot industri canggih dimasa datang. Jika kita lihat hari ini, maka apa yang dibayangkan olehnya terbukti dimana begitu pesatnya perkembangan robot-robot industri saat ini. Istilah revolusi robot atau era robot sudah menjadi hal biasa untuk menjelaskan perkembangan itu. Robotics diterima sebagai istilah atau kata untuk mendeskripsikan semua kemajuan teknologi yang berhubungan dengan robot.
Tahun 1956 Georde Devil dan Joseph Engelberger membentuk perusahaan robot pertama kali tahu 1956. Devil memprediksi robot akan menjadi bagian penting di industri sebagai operator pabrik dan membantu pekerja dalam menjalankan mesin-mesin pabrik.
Tahun 1980 Robot industri berkembang dan mulai banyak digunakan oleh perusahaan selain otomotif dimana perkembangan elektronik dan computer membuat robot modern lahir.
Isaac Asimov dalam cerita pendeknya yang berjudul I, Robot mencetuskan suatu filosofi agar pembuatan robot sejak awal dan sampai masa yang akan datang diharapkan dapat memenuhi tiga aturan yang dikenal
Sebagai Asimov's Asimov's Tree Laws of Robotic :
·         Robot tidak boleh menyakiti manusia
·         Robot harus mematuhi manusia selama tidak bertentangan dengan hukum 1
·         Robot harus dapat melindungi dirinya selama tidak bertentangan dengan hukum 1 dan 2

3.      Cara Kerja Robot
Sebagian besar robot memiliki beberapa kualitas yang sama. Pertama-tama, hampir semua robot memiliki tubuh yang bergerak. Beberapa hanya memiliki bermotor roda, dan lain-lain memiliki puluhan segmen yang bergerak, biasanya terbuat dari logam atau plastik. Seperti tulang dalam tubuh Anda, segmen yang dihubungkan bersama-sama dengan sendi.
Robot memutar roda dan segmen disambung pivot dengan semacam aktuator. Beberapa robot menggunakan motor listrik dan solenoida sebagai aktuator, beberapa menggunakan sistem hidrolik, dan menggunakan beberapa sistem pneumatik (sistem didorong oleh gas terkompresi). Robot dapat menggunakan semua jenis aktuator.
Robot membutuhkan sumber daya untuk mendorong aktuator ini. Kebanyakan robot baik yang memiliki baterai atau mereka plugin ke catu daya dinding. robot juga perlu pompa hidrolik untuk menekan cairan hidrolik, dan robot pneumatik memerlukan kompresor udara atau tangki udara tekan.
Aktuator semua kabel ke rangkaian listrik. Kekuasaan sirkuit listrik motor dan solenoida langsung, dan mengaktifkan sistem hidrolik dengan memanipulasi katup listrik. Katup menentukan jalur cairan bertekanan melalui mesin. Untuk memindahkan kaki hidrolik, misalnya, kontroler robot akan membuka katup terkemuka dari pompa fluida ke silinder piston yang melekat pada kaki itu. Cairan bertekanan akan memperluas piston, kaki berputar ke depan. Biasanya, dalam rangka untuk memindahkan segmen mereka dalam dua arah, robot menggunakan piston yang dapat mendorong kedua cara.
Komputer robot mengontrol semua hal yang melekat pada sirkuit. Untuk memindahkan robot, komputer menswitch pada semua motor yang diperlukan dan katup. Kebanyakan robot reprogrammable - untuk mengubah perilaku robot, Anda cukup menulis sebuah program baru ke komputer tersebut.
Tidak semua robot memiliki sistem sensor, dan hanya sedikit memiliki kemampuan untuk melihat, mendengar, bau atau rasa. Rasa robot yang paling umum adalah rasa gerakan - kemampuan robot untuk memantau gerak sendiri. Sebuah desain standar menggunakan slotted roda yang melekat pada sendi robot.

4.      Perkembangan Robot dari Tahun ke Tahun

1.      Tahun 1920
Ide robot bukanlah hal yang baru. Cukup lama manusia memimpikan adanya mekanik pintar yang dapat menggantikan tugas manusia. Penemuan mainan dan peralatan otomatis yang kemudian menginspirasi robot dalam bentuk gambar, cerita dan film, menjadi awal dimulainya perkembangannya. Istilah robot pertama kali dipakai tahun 1920 oleh penulis Czech Karel Capek (dibaca “Chop’ek”) dengan karyanya  “R.U.R” atau Rossum’s Universal Robot dimana seorang laki-laki membuat robot dan robot membunuh penciptanya. Banyak kemudian film menggambarkan robot sebagai alat yang tidak bersahabat atau sebagai mesin perusak yang berlawanan dengan arti robot (robota) dalam bahasa Czech yang berarti pekerja paksa.
Beberapa film terkenal seperti starwar tahun1977 dengan menampillan robot C3PO dan R2D2 justru menampilkan robot sebagai pembantu manusia sekaligus juga musuh manusia. Robot dalam film ini terlihat menyerupai manusia atau istilahnya “Android”
2.      Tahun 1941
Tahun 1941, barulah istilah robotics digunakan dalam teknologi robot oleh penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov. Dia juga memprediksi akan munculnya robot-robot industri canggih dimasa datang. Jika kita lihat hari ini, maka apa yang dibayangkan olehnya terbukti dimana begitu pesatnya perkembangan robot-robot industri saat ini. Istilah revolusi robot, robot age atau era robot sudah menjadi hal biasa untuk menjelaskan perkembangan itu. Robotics diterima sebagai istilah atau kata untuk mendeskripsikan semua kemajuan teknologi yang berhubungan dengan robot.
3.      Tahun 1956
Georde Devil dan Joseph Engelberger membentuk perusahaan robot pertama kali tahu 1956. Devil memprediksi robot akan menjadi bagian penting di industri sebagai operator pabrik dan membantu pekerja dalam menjalankan mesin-mesin pabrik. Beberapa tahun kemudian atau tepatnya 1961, General Motor pertama kali menggunakan robot untuk pabrik otomotifnya. Robot industri kemudian berkembang dan mulai banyak digunakan tahun 1980 oleh perusahaan selain otomotif dimana perkembangan elektronik dan computer membuat robot modern lahir.










BAB III PENUTUP
1.      Kesimpulan
Robotik adalah ilmu tentang robot, yang merupakan mesin yang dapat meniru tindakan tertentu manusia. Ada robot yang dapat secara otomatis menanggapi kondisi lingkungan sekitarnya. Sedangkan robot merupakan suatu seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Sehingga robot dalam meringankan tugas manusia.














Daftar Pustaka
http://www.roboticsindonesia.com/blog.php
https://wikipedia.org/wiki/Robotika
http://zonaelektro.net/category/referensi-elektronika/elektronika-robotika/mengenal-robot-dan-karakteristiknya
http://ard-robotik.blogspot.co.id/2013/11/sejarah-dan-pengertian-robotik.html
http://aldebian.blogspot.co.id/2011/05/cara-kerja-robot-sederhana.html






                                           

Komentar

Postingan Populer